Tentang Nomophobia, Selalu Harus Ada Gadget

Nomophobia

Nomofobia (bahasa Inggris: Nomophobiano-mobile-phone phobia) adalah suatu sindrom ketakutan jika tidak mempunyai telepon genggam (atau akses ke telepon genggam). Istilah ini pertama kali muncul dalam suatu penelitian tahun 2010 di Britania Raya oleh YouGov yang meneliti tentang kegelisahan yang dialami di antara 2.163 pengguna telepon genggam. Studi tersebut menemukan bahwa 58% pria dan 47% wanita pengguna telepon genggam yang disurvei cenderung merasa tidak nyaman ketika mereka “kehilangan telepon genggam, kehabisan baterai atau pulsa, atau berada di luar jaringan”, dan 9% selebihnya merasa stres ketika telepon genggam mereka mati. Separuh di antara mereka mengatakan bahwa mereka gelisah karena tidak dapat berhubungan dengan teman atau keluarga mereka jika mereka tidak menggunakan telepon genggam mereka.

Oleh sebab itu, sebenarnya kata “fobia” di sini dianggap tidak tepat dan salah kaprah, karena mayoritas kasus yang terjadi adalah masalah kegelisahan, bukan ketakutan (fobia).

Lebih dari separuh orang yang terindikasi sebagai nomofobia tidak pernah mematikan telepon genggam mereka.

Nomophobia mengacu pada “kecemasan karena tidak memiliki akses ke ponsel atau layanan ponsel,” menurut Oxford English Dictionary. Kamus tersebut secara resmi menambahkan kata nomophobia pada tahun 2019.

Namun, kecemasan terkait ponsel bukanlah hal baru. Istilah itu diciptakan pada 2008 berdasarkan survei yang dilakukan oleh UK Post Office untuk menentukan apakah ponsel menyebabkan kecemasan.

Saat itu, sekitar separuh responden mengatakan mereka merasa stres saat tidak bersentuhan dengan ponsel mereka. Kini, belasan tahun berikutnya, hal ini menjadi semakin buruk.

Meski begitu, nomofobia tidak dianggap sebagai kondisi kesehatan mental yang dapat didiagnosis karena tidak tercantum dalam versi terbaru Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM), yang menjadi standar untuk menentukan kondisi kejiwaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Article

Google Photos Sudah Tidak Unlimited

Next Article

Menghemat Baterai Smartphone Android

Related Posts